Senin, 03 Mei 2010

Contoh-contoh Paragraf




Contoh Paragraf argumentasi:
Menyetop bola dengan dada dan kaki dapat ia lakukan secara sempurna. Tembakan kaki kanan dan kiri tepat arahnya dan keras. Sundulan kepalanya sering memperdayakan kiper lawan. Bola seolah-olah menurut kehendaknya. Larinya cepat bagaikan kijang. Lawan sukar mengambil bola dari kakinya. Operan bolanya tepat dan terarah. Amin benar-benar pemain bola jempolan.

Contoh Paragraf Persuasi:
Sebagai senior , saya telah melihat bahwa masalah terbesar yang dihadapi sekolah umum adalah ukuran kelas yang besar. Selama tiga tahun terakhir, kondisi tertentu telah memungkinkan saya untuk menghadiri kelas-kelas yang lebih kecil dalam bahasa Inggris dan sejarah. Membandingkan pengalaman sebelumnya dengan situasi saya saat ini, di mana kelas bahasa Inggris saya terdiri dari lebih dari 40 siswa, keuntungan dari kelas yang lebih kecil menjadi mudah terlihat. Di kelas bahasa Inggris saya saat ini, mengajar dan belajar yang efektif telah dikorbankan untuk keuntungan administrasi kelas memegang lebih sedikit lebih besar dari jumlah siswa. Meskipun dalam hal nilai tes kelas telah dianggap berhasil, partisipasi siswa dalam kelas besar seperti terbatas untuk beberapa pilih; konferensi individu dengan guru sulit untuk mendapatkan karena banyaknya mahasiswa; dan kertas waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan dinilai. Dalam kelas-kelas kecil, bagaimanapun, telah pengalaman saya bahwa semua siswa berpartisipasi, kelas lebih terfokus dan pada tugas, dan guru mengembangkan hubungan yang lebih dekat kepada siswa. Faktor-faktor ini memungkinkan siswa untuk belajar dan mengembangkan kemampuan mereka. Mereka juga memungkinkan guru untuk secara efektif kritik siswa mereka bekerja. Selain itu, di kelas kecil, siswa dapat mengembangkan hubungan kerja dengan satu sama lain-suatu persahabatan tidak ada di kelas yang lebih besar. Jika sistem sekolah umum adalah untuk memotong ukuran kelas dua, untuk sekitar 15 sampai 20 siswa masing-masing, manfaat akan segera mewujudkan diri. Jika kita ingin meningkatkan taraf pendidikan di sekolah umum hari ini, kita harus mengurangi ukuran kelas.

Contoh Paragraf Deskripsi:
Gadis kecil itu. Ia terus memandangi lautan yang biru. Gulungan riak-riak kecil tak
membuatnya bergeming. Hembusan hawa pantai nan panas, tak membuat matanya
beralih dari laut. Air pantai terus menyapu lembut kulit kakinya. Deburan suara ombak mengisiki telinganya. Hari itu langit tak berawan. Ia terus memandangi laut. Laut yang semakin biru sampai ambang cakrawala.Ia memandangi nelayan yang tengah
menepi. Memandangi pulau kecil nan jauh di seberang sana.

Contoh Paragraf Eksposisi:
Jatuhnya pesawat berkapasitas 266 penumpang airbus A300- 600 merupakan peristiwa kedua bagi American Airlines beberapa detik lepas landas dari bandar udara internasional O’Hare Chicago, tiba-tiba mesin kiri lepas dari dudukannya. Pilot tidak bisa mengendalikan pesawat akibat keseimbangan pesawat mendadak berubah dengan jatuhnya mesin berbobot sekitar 5 ton. Pesawat mendarat dan menghujam tempat parkir kendaraan 31 detik kemudian dan 271 penumpang plus awak tewas seketika. Kecelakaan lain menyangkut mesin copot dialami oleh pesawat kargo El-Al milik flag carier Israel, 4 Oktober 1992. Mesin nomor empat atau yang paling ujung pada sayap kanan, tiba-tiba lepas akibat dua fuse-pin (baut kedudukan mesin) lepas. Disusul kemudian oleh mesin nomor tiga. Mendadak kehilangan dua mesin, pilot tidak dapat mengendalikan pesawat dan menabrak gedung bertingkat di Amsterdam, Belanda. Empat awak tewas berikut 47 penghuni flat yang ditabrak.

Contoh
Larry tiba-tiba terbangun dari tidur nyenyak. Matahari menyilaukan matanya yang setengah terbuka, dan ia tidak tahu apa saat itu. Pintu kamarnya tertutup; rumah itu tenggelam dalam keheningan. Dia perlahan-lahan bangkit dari tempat tidurnya dan mendekati bangku tepat di sebelah jendela. Untuk sesaat, pikirnya, ia mendengar suara ketukan yang berasal dari loteng. Kemudian lagi ia mendengar suara, hanya kali ini sepertinya agak lebih dekat. Dia melihat ke luar jendela dan melihat seorang pria akan dengan sisi kiri jalan. Ia melihat Larry, laki-laki itu mendekati pagar kebunnya dan bersiul. Pada titik ini, Larry mengenali Nick dan melambaikan tangannya. Dia cepat berpakaian dan turun untuk membuka pintu gerbang, tapi ia kembali mendengar seseorang berbisik di bagian lain rumah. Larry memutuskan untuk pergi ke loteng dan melihat apa yang menyebabkan ini, sekarang suaranya berdengung. Dia sampai ke lantai dua rumahnya dan melihat ke arah loteng. Dia dengan cepat membuka pintu dan melihat ke dalam. Tidak ada yang ditemukan. Dia baru saja akan kembali kepada tamunya saat dia tiba-tiba terpeleset di tangga dan jatuh. Dia memanggil Nick untuk membantunya bangun.

0 komentar:

Posting Komentar